Mystery CAL End of Year 2023 di Komunitas Rajut Malang



Akhir tahun ini, kami sebagai koordinator Komunitas Rajut Malang ingin memberikan kenangan manis dengan mengerjakan pola tertentu bersama-sama. Istilah di dunia rajut adalah CAL atau singkatan dari Crochet Along. Sebenarnya kegiatan CAL ini sudah pernah dilaksanakan di WA Grup Komunitas namun sempat terhenti karena kesibukan masing-masing kordinator. Ups 😄.

Untuk menambah keseruan, maka CAL kali ini dibuat konsep tebak hasil pola. Biasanya pola CAL akan dibagikan secara lengkap disertai dengan foto hasil akhir dari pola tersebut. Namun, dengan konsep tebak hasil pola ini  maka foto tahapan pola tidak akan diperlihatkan kepada peserta sehingga peserta benar-benar harus paham dan mengerti pola yang diberikan.

Untuk menambah keseruan akan ada tiga pemenang berhadiah yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Ketepatan hasil pola, kecepatan laporan hasil dan kerapihan produk menjadi nilai khusus bagi tiga pemenang nanti.

Pola oleh Bonnie Pierce

Pola yang digunakan kali ini menggunakan pola rajut tulisan dan kebetulan diambil dari pola berbahasa Inggris karya Bonnie Pierce bertajuk Pinwheel Star yang dikeluarkan tahun 2000 lalu. Ya, pola ini sudah berusia 23 tahun tapi masih mampu "menyihir" kami para penyuka kerajinan rajut untuk mengulik dan mencoba pola beliau. Di pola kali ini tingkat kesulitannya adalah intermediate sehingga perlu ketelitian yang lebih dari para peserta.


Pinwheel Star by Bonnie Pierce

Bonnie Pierce adalah seorang desainer rajutan khususnya crochet yang telah dikenal sejak 25 tahun lalu. Berbagai polanya sudah banyak diulas dan dipublikasikan di berbagai situs khusus rajutan dan majalah craft. Seperti di ravelry.com, e-patterncentral.com, anniesattic.com dan lain-lain.

Dari berbagai pola yang telah didesain oleh Bonnie Pierce kebanyakan adalah pola Square atau bentuk kotak yang bisa digunakan untuk menjadi produk fesyen dan home decor.


Free Pattern, Apakah Boleh Digunakan?

Ada ketentuan tentang pola  yang disepakati oleh para perajut dunia, yaitu penghargaan atas hasil karya berupa pola yang bisa di-share ataupun tidak. Karena pada dasarnya pola rajutan adalah sebuah karya seni desain perajut sehingga hak ciptanya melekat pada desainer pola. Di dunia rajut pola bisa dijual dan tidak bisa disebarkan tanpa ijin desainer.

Untuk itulah maka pada CAL kali ini, Komunitas Rajut Malang menggunakan pola bebas yang bisa dipakai oleh perajut. Namun demikian credit title sudah sewajarnya disematkan pada desainer pola bila kita menggunakan desainnya tersebut.

Mystery CAL Dimulai

Akhirnya hari H pun datang. Oh ya sebelumnya para peserta mendaftar untuk mengikuti acara ini dan bersedia memenuhi ketentuan yang ditetapkan, seperti :

1. Bersedia mengikuti setiap tahapan program selama lima hari
2. Berkomitmen dan mengirimkan setiap hasil pola maksimal jam 22.00 setiap hari
3. Tidak menyebarkan pola kepada selain peserta Mystery CAL

Adapun pelaksanaan Mystery CAL ini adalah sejak tanggal 30 Desember 2023 hingga 3 Januari 2024. Pola dibagikan setiap jam 08.00 dan bisa segera dikerjakan serta hasil foto dikirimkan melalui link khusus. Pada jam 07.00 di hari berikutnya admin akan memberikan hasil penilaian apakah hasil rajutan sudah sesuai pola. Jika ada kesalahan maka harus melakukan revisi dan disetujui admin sebelum bisa melanjutkan ke pola selanjutnya.

Peserta yang berjumlah 27 orang sangat antusias mengikuti acara ini dan di hari pertama semua berhasil mengerjakan pola dengan hasil 100% benar. Wah admin jadi sangat happy melihat hasilnya karena berarti edukasi membaca pola tulisan di anggota Komunitas Rajut Malang sudah memenuhi target nih. 

Memasuki hari kedua masih oke lah karena hanya ada 1-2 orang yang perlu melakukan revisi. Memasuki hari ketiga dan keempat mulailah jebakan Batman keluar di pola tersebut hehe. Dan benar saja hampir 30% peserta harus revisi.

Semangat..semangat kira-kira begitu petuah admin CAL kali ini. Dan karena ada peserta yang beberapa kali revisi namun kesulitan, akhirnya dikeluarkanlah kebijakan untuk spill tipis-tipis foto tahapan, namun foto tersebut akan dibagikan keesokan harinya. Seru banget melihat kejar-kejaran posisi yang terlihat pada hasil gform penilaian 😍.


The Result 

Finally, inilah tiga orang pemenang yang sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan di atas dengan tidak mengenyampingkan hasil dari peserta lain yang juga bagus secara visual. 




Dan ini adalah beberapa hasil para peserta yang keren-keren. 







Senang banget deh dengan hasilnya yang eye catching bahkan beberapa orang sudah menggunakan pola ini untuk membuat tas dan pouch.

Pouch oleh Bu Lilis


Kalian ingin membuat something dari pola ini juga? Klik link ini ya untuk mendapatkan pola keren ini. Selamat mencoba.

 



0 comments:

Post a Comment

My Blog List

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails
Powered by Blogger.